Selasa, 04 Agustus 2020

Ruang Lingkup Biologi (1)


Materi

Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan ruang lingkup biologi serta objek permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

Indikator Pencapaian Kompetensi

  1. Menjelaskan ciri-ciri biologi sebagai ilmu
  2. Mendata alat-alat berteknologi modern di bidang biologi
  3.  Menyebutkan cabang-cabang biologi beserta bidang kajiannya

Materi Ajar

Objek dan Ragam Persoalan Biologi

Setelah mempelajari kegiatan ini Anda diharapkan dapat: mendeskripsikan objek-objek dan persoalan Biologi pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma.

Anda tentu telah mengetahui bahwa Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios (hidup) dan logos (ilmu). Biologi adalah cabang dari Sains (IPA) yang khusus mempelajari makhluk hidup dan gejala kehidupannya. Kajian atau bahasan dalam biologi sangatlah luas, meliputi seluruh makhluk hidup baik yang uniseluler, maupun yang multiseluler, baik yang hidup di dasart, di laut, di udara, maupun di dalam tanah. Singkatnya segala sesuatu yang memiliki “hidup” menjadi bahan kajian biologi.

Biologi sebagai salah satu ilmu banyak berperan menyelesaikan permasalah-permasalahan manusia. namun, seringkali ilmu ini tidak berperan secara langsung karena biologi sebagai ilmu dasar bagi ilmu-ilmu terapan. Sebagai contoh misalnya ilmu kedokteran, pertanian dan peternakan.

Biologi sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

1.   Mempunyai objek kajian berupa benda konkret. Objek dapat dibedakan menjadi objek material dan objek formal. Objek material merupakan objek yang dibahas, sedangkan objek formal merupakan cara memandang objek tersebut. Contoh objek material biologi berupa makhluk hidup dan makhluk hidup yang pernah ada termasuk fosil. Objek formalnya berupa struktur, fungsi, dan interaksi dari makhluk hidup tersebut.

  • dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman nyata yang dapat dilakukan setiap orang.
  • sistematis, yaitu menggunakan langkah-langkah yang urut dan bersifat baku.
  • menggunakan cara berpikir yang logis dan konsisten.
  • hasil kajiannya bersifat objektif.
  • teori yang dihasilkan berlaku umum.

Apabila Anda sering memperhatikan lingkungan sekitar, maka Anda akan menyadari bahwa bumi ini dihuni oleh berbagai jenis makhluk hidup dan berbagai jenis benda tak hidup. Mengapa kita bisa membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup? Apakah kita dapat menjawab secara pasti sesuatu atau objek yang kita amati termasuk makhluk hidup atau benda tak hidup?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para biologiwan menggunakan ciri-ciri makhluk hidup. Artinya apabila kita mengamati suatu objek maka lihat ciri-cirinya. Jika ciri-ciri yang ditunjukkan adalah ciri-ciri makhluk hidup, maka objek tersebut termasuk makhluk hidup. Sebaliknya jika tidak menunjukkan ciri-ciri makhkluk hidup, maka objek tersebut termasuk benda tak hidup.

Ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut.

  1.       Respirasi

  2.       Iritabilitas (peka terhadap rangsang)

  3.       Bergerak

  4.       Memerlukan makanan (nutrisi)

  5.       Pertumbuhan dan Perkembangan

  6.       Ekskresi

  7.       Reproduksi

Respirasi adalah proses pertukaran gas antara organisme dengan lingkungannya, bertujuan untuk mendapatkan energi. Respirasi dibedakan menjadi dua, yatiu repsirasi aerob dan anaerob. Respirasi aerob adalah respirasi yang membutuhkan oksigen, sedangkan respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak membutuhkan oksigen. 

Iritabilitas adalah kemampuan organisme dalam menanggapi rangsangan untuk menyesuaikan diri pada perubahan lingkungan. Adanya iritabilitas memungkinkan makhluk hidup untuk mendeteksi atau mengetahui adanya perubahan di dalam atau di luar tubuhnya untuk merespon perubahan tersebut. Respon atau tanggapan terhadap perubahan yang terjadi biasanya melibatkan gerakan.

Bergerak berdasarkan konsep biologi tidak ditinjau dari terjadinya perubahan posisi atau kedudukan. Oleh karena itu tumbuhan juga memiliki kemampuan untuk bergerak. Kita dapat dengan mudah mengamati terjadinya gerakan pada hewan, karena gerakannya seluruh anggota tubuhnya bergerak aktif. Sebaliknya kita sulit mengamati pergerakan pada tumbuhan, karena gerakannya hanya terjadi pada sebagian anggota tubuhnya, bergerak lambat, dan tidak berpindah tempat. Misalnya gerak mekarnya bunga.

Memerlukan makanan (nutrisi). Nutrisi didapatkan makhluk hidup dari makanan. Makanan dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk respirasi, tumbuh, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan reproduksi. Nutrisi yang dibutuhkan makhluk hidup berupa nutrisi makro () dan nutrisi mikro ()

Pertumbuhan dihubungkan dengan penambahan jumlah dan ukuran sel, sedangkan perkembangan dihubungkan dengan kematangan fungsi alat tubuh. Proses pertumbuhan dan perkembangan meliputi seluruh proses sejak terjadinya pembuahan sampai dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang tidak dapat dipisahkan. Misalnya ada anak yang pertumbuhannya normal tetapi karakter/kepribadiannya kurang baik, sebaliknya ada yang pertumbuhannya tidak normal tetapi karakter/kepribadiannya baik.

Ekskresi, semua makhluk hidup di dalam tubuhnya mengalami proses metabolisme. Pada proses ini tidak hanya menghasilkan zat yang dibutuhkan oleh tubuh saja, tetapi juga menghasilkan zat sisa (ekskreta). Apabila zat sisa ini disimpan terlalu lama di dalam tubuh, maka keseimbangan dalam tubuh akan terganggu, bahkan tubuh akan mengalami keracunan bila zat sisa tersebut tidak dikeluarkan. Oleh karena itu, makhluk hidup selalu mengadakan proses ekskresi. Zat sisa yang dihasilkan oleh makhluk hidup terdiri dari berbagai macam zat, seperti air, garam mineral, zat racun, dan nitrogen.

Reproduksi atau perkembangbiakan makhluk hidup bertujuan untuk mempertahankan atau melestarikan kelangsungan hidup jenisnya agar tidak punah. Reproduksi dapat terjadi secara aseksual (tak kawin) dan secara seksual (kawin). Pada reproduksi aseksual, misalnya dengan cara membelah diri menghasilkan idividu baru yang sama persis dengan induknya. Sedangkan reproduksi seksual, dihasilkan dari kombinasi informasi genetik kedua orangtuanya sehingga individu baru mempunyai sifat gabungan dari kedua orangtuanya

Objek atau kajian dalam biologi yang sangat luas atau beragam itu kini telah dikelompokkan atau diklasifikasikan oleh para ahli biologi menjadi 5 kingdom (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Monera). Selain kelima kingdom tersebut ada satu objek lain yang juga dikaji dalam biologi, yaitu Virus. Virus dipisahkan dari kelima kingdom karena tubuh virus tidak tersusun oleh sel melainkan oleh asam nukleat yang diselubungi protein dan belum merupakan sel. Sedangkan kelima kingdom tubuhnya sudah berupa sel (bagi organisme uniseluler) ataupun tersusun atas banyak sel (bagi organisme uniseluler).

Kelima kingdom diklasifikasikan berdasarkan karakteristik yang khas dari masing-masing organisme-organisme yang menyusunnya. Pengelompokkan ini sesuai dengan sistem klasifikasi yang dikemukakan oleh Robert H.B. Whittaker pada tahun 1969. Perhatikan Tabel 1 berikut mengenai Klasifikasi Makhluk Hidup menurut Whittaker.

   
Kingdom   
   
Organisasi   
   
Cara memperoleh makanan   
   
Ciri-ciri lain   
   
Cakupan    
   
Monera   
   
Sel tunggal sederhana, terkadang dalam   untaian   
   
Menyerap makanan, beberapa ada yang melakukan   fotosintesis   
   
Prokariotik, perkembangbiakannya   secara aseksual, motil, dan bergerak dengan flagel   
   
Bakteri dan alga hijau biru (blue   green algae)   
   
Protista   
   
Sel tunggal kompleks, terkadang dalam   bentuk filamen, koloni   
   
Menyerap makanan, beberapa da yang   melakukan fotosintesis atau menyerap makanan   
   
Eukariotik, perkembangbiakannya secara   seksual dan aseksual, mempunyai flagel dan cilia   
   
Protozoa, alga bersel tunggal termasuk   beberapa jenis jamur lendir   
   
Fungi   
   
Kebanyakan multiseluler dan berbentuk   filamen dengan sel-sel kompleks   
   
Heterotorof, dengan cara menyerap   makanan   
   
Tidak mempunyai flagel, memiliki spora   yang berperan dalam perkembangbiakan seksual dan aseksual   
   
Kapang dan jamur   
   
Plantae   
   
Multiseluler dengan sel-sel kompleks   
   
Autotrof, dengan cara melakukan   fotosintesis   
   
Eukariotik, dengan jaringan yang   berkembangbaik, terjadi pergiliran keturunan, dinding sel mengandung selulosa   
   
Lumut, paku-pakuan, tumbuhan   berbunga/berbiji   
   
Animalia   
   
Multiseluler dengan sel-sel kompleks   
   
Heterotorof, dengan cara mencerna   makanan   
   
Eukariotik dengan jaringan yang telah   berkembang baik, umumnya bergerak aktif   
   
Semua kelompok hewan mulai dari   porifera sampai dengan mamalia   





Bahkan dalam perkembangan terakhir, dunia makhluk hidup diklasifikasikan menjadi 6 kingdom (kerajaan) yaitu: Plantae, Animalia, Fungi, Protista, Archaebacteria dan Eubacteria.

Objek-objek kajian tersebut selanjutnya semakin berkembang seiring dengan kemajuan IPTEK, sehingga kajian masing-masing objek semakin kompleks atau rumit. Adapun kajian tersebut meliputi berbagai tema persoalan biologi antara lain menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), 1996 adalah sebagai berikut.

  1. Evolusi : bentuk-bentuk dan hasil-hasil perubahan

  2.  Interaksi dan saling ketergantungan

  3. Genetika berkelanjutan

  4. Pemeliharaan dari suatu keseimbangan yang dinamis

  5. Pertumbuhan, perkembangan dan diferensiasi

  6. Energi, materi dan organiasasi 

  7. Ilmu Pengetahuan Alam, Teknologi dan Masyarakat

Cabang-cabang Biologi

Biologi terus mengalami perkembangan melalui pengamatan dan eksperimen. Dari hasil pengamatan yang teliti dan pelaksanaan eksperimen yang semakin mendalam telah diperoleh ratusan penemuan tentang biologi. Penemuan-penemuan tentang biologi tersebut menyebabkan semakin banyaknya objek yang dipelajari dari biologi sehingga seorang ilmuwan tidak sanggup lagi mempelajari secara mendalam seluruh biologi sebagai satu objek studi untuk dikuasai. Beberapa cabang-cabang biologi dan bidang kajiannya dapat dilihat pada Tabel 1.2 dibawah ini

   
No   
   
Cabang Biologi   
   
Bidang Kajian   
   
1   
   
Akarologi   
   
Seluk-beluk hewan caplak   
   
2   
   
Anatomi   
   
Susunan bagian dalam tubuh makhluk   hidup   
   
3   
   
Bakteriologi   
   
Seluk-beluk bakteri   
   
4   
   
Bioteknologi   
   
Gabungan biologi dengan teknologi,   yaitu penggunaan proses biologi untuk penyediaan bahan-bahan dan jasa bagi   manusia   
   
5   
   
Botani   
   
Tumbuhan dengan segala kekhususannya   
   
6   
   
Ekologi   
   
Hubungan timbal balik antara makhluk   hidup dengan lingkungannya   
   
7   
   
Embriologi   
   
Perkembangan makhluk hidup (embrio),   mulai dari zigot sampai menjadi dewasa   
   
8   
   
Endokrinologi   
   
Sistem hormon tubuh   
   
9   
   
Entomologi   
   
Khusus mempelajari semua segi   kehidupan hewan serangga   
   
10   
   
Evolusi   
   
Perubahan makhluk hidup yang berjalan   sangat lambat dan dalam waktu yang cukup lama sehingga terbentuk spesies baru   
   
11   
   
Fisiologi   
   
Tentang kefaalan tubuh atau segala   proses kegiatan yang ada dalam tubuh   
   
12   
   
Genetika   
   
Proses penurunan sifat menurun pada   makhluk hidup atau hereditas   
   
13   
   
Histologi   
   
Tentang jaringan tubuh makhluk hidup   
   
14   
   
Helminthologi   
   
Seluk-beluk cacing (fermes)   
   
15   
   
Herpetologi   
   
Seluk-beluk amfibi dan reptil   
   
16   
   
Ichtyologi   
   
Seluk-beluk ikan   
   
17   
   
Mikologi   
   
Seluk-beluk jamur (fungi)   
   
18   
   
Mikrobiologi   
   
Tentang jasad renik atau makhluk hidup   berukuran kecil (mikroorganisme)   
   
19   
   
Morfologi   
   
Bentuk dan susunan keseluruhan tubuh   bagian luar makhluk hidup    
   
20   
   
Malakologi   
   
Seluk-beluk hewan-hewan lunak (siput)   
   
21   
   
Ornitologi   
   
Seluk-beluk burung (aves)   
   
22   
   
Parasitologi   
   
Tentang makhluk hidup yang bersifat   parasit   
   
23   
   
Palaeontologi   
   
Tentang fosil (kehidupan masa lampau)   hewan dan tumbuhan   
   
24   
   
Sitologi   
   
Tentang fungsi dan susunan sel   
   
25   
   
Taksonomi    
   
Tentang penamaan, perincian, dan   pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan   sifat-sifatnya   
   
26   
   
Teratologi   
   
Tentang kemungkinan kelainan atau   cacat janin dalam kandungan   
   
27   
   
Virologi    
   
Seluk-beluk virus   
   
28   
   
Zoologi    
   
Tentang hewan   




Habis belajar, enak nih kalo dengerin lagu... biar fress

45 komentar:

  1. Nama saya ni kadek ayu utari
    Saya ingin bertanya apa hubungan cabang cabang biologi dengan pengembangan karir di masa depan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cabang-cabang Biologi memiliki hubungan yang sangat erat untuk pengembangan karir di masa depan. Contoh jika ingin masuk kedokteran yang dipelajari antara lain fisiologi, anatomi, bioteknologi. jika ingin jadi polisi cabang yang bisa dipelajari adalah gizi dan kesehatan

      Hapus
    2. Cabang cabang biologi dengan pengembangan karir di masa depan sangatlah berkaitan.keterkaitan ilmu biologi dengan karir yaitu biologi dengan berbagai cabang ilmunya sangatlah dapat memberi banyak peluang pekerjaan atau karir yang berguna bagi masyarakat luas.contohnya bila kita mempelajari secara mendalam tentang ilmu obat obatan(farmaforlogi)maka dapat dikembangkan menjadi karir atau pekerjaan di masa depan sebagai apoteker

      Hapus
    3. Saya Agus Febriana Dari X MIPA 1 ingin menjawab :
      Dengan cara mempelajari cabang biologi, maka kita dapat mengembangkannya sebagai karir di masa depan contohnya :bila kita mempelajari secara mendalam tentang ilmu obat-obatan (farmaforlogi) maka dapat dikembangkan menjadi karir di masa depan yaitu sebagai apoteker

      Hapus
  2. Sebenarnya cabang-cabang biologi secara lengkap dan keseluruhan berjumlah berapa? Atau jenis-jenisnya ada berapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabang-cabang biologi akan selalu berkembang sesuai dengan hasil2 temuan para peneliti

      Hapus
  3. Saya kurang mengerti pada ciri" makhluk hidup yang no.5.(di contohnya itu),Apa hubungan karakter/kepribadian anak dengan perkembangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertumbuhan adalah pertambahan jumlah sel dengan ciri bertambah tinggi, bertambah berat badan, dll. Perkembangan merupakan proses pematangan/pendewasaan. Perkembangan karakter/kepribadian merupakan salah satu proses perkembangan/tahap pendewasaan. Misalnya pada perkembangan seharusnya sudah dapat membedakan baik dan buruk, tapi karena ada permasalahan proses perkembangan maka anak tersebut belum bisa membedakan baik dan buruk

      Hapus
  4. Pak untuk materi bagian ciri-ciri mahluk hidup pada NUTRISI berisikan penjelasan pada bagian penjelasannya nutrisi mikro dan nutrisi makro yang dimaksud bagaimana pak?, saya kurang mengerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nutrisi makro adalah zat kimia yang diperlukan dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjalankan fungsi tubuh yang normal. Makronutrien atau zat gizi makro, berperan besar dalam membentuk energi tubuh dan seluruh proses metabolisme. Zat gizi makro menjadi bahan dasar yang dijadikan tubuh untuk menghasilkan energi. Energi ini, akan digunakan untuk melakukan kegiatan di luar tubuh, maupun proses biologi tubuh yang memerlukan energi.

      Hapus
    2. Untuk nutrisi makro tersebut apkah hanya berlaku dalam mahluk hidup seperti manusia saja pak?

      Hapus
    3. kebutuhan nutrisi tersebut berlaku untuk makhluk hidup

      Hapus
  5. Nama saya I GUSTI AYU PUJA ASTYANI yang bertanya tentang maksud dari nutrisi mikro dan nutrisi makro

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya KOMANG ADILA YOHANA DEVI(18) ingn menanggapi pertanyaan dari PUJA, nutrisi mikro adalah nutrsi yang diperlukan dalam jumlah kecil oleh tubuh manusia, contohnya seperti zat besi, magnesium, garam, vitamin, dll. Kalau nutrisi makro itu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak oleh mahkluk hidup, contohnya karbohidrat, lemak, dan protein.

      Hapus
  6. Pak saya mau bertanya apakah ilmu biologi harus memiliki objek kajian???
    Dan apakah manfaat kita dalam mempelajari ilmu biologi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri dari suatu ilmu pengetahuan adalah adanya objek kajian. Objek kajian merupakan materi/objek yang dipelajari. Khusus untuk biologi objek kajiannya adalah amkhluk hidup. Manfaat mempelajari biologi adalah meningkatkan kesejahteraan manusia antaralain bidang kedokteran, industri, pertanian, peternakan

      Hapus
    2. Baik pak terimakasih atas penjelasannya

      Hapus
  7. Nama saya I Gusti Agung Ayu Dixita Paramita Sastra, saya ingin bertanya.
    Pak untuk bagian ciri-ciri makhluk hidup itu apa ada ciri-ciri yang lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin mencoba menjawab pertanyaan anda, mungkin salah satu ciri ciri makhluk hidup lainnya yaitu melakukan adaptasi, Adaptasi sendiri merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup pada habitatnya sendiri. Contohnya cecak yg memutuskan ekornya saat dalam bahaya untuk mengelabuhi musuh. Sekian dari saya, apabila jawabannya kurang tepat, saya mohon maaf, terimakasih

      Hapus
    2. Yg jawab itu:
      Putri lestari (X MIPA 4)

      Hapus
    3. Ya tepat Putri... mungkin ada yang mau menambahkan ciri makhluk hidup yang lain

      Hapus
  8. Pak mengapa biologi disebut sebagai ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca kembali ciri-ciri ilmu pengetahuan pada materi. karena memiliki ciri2 tersebut biologi termasuk kedalam ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dikelompokkan menjadi ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial

      Hapus
  9. Pak mengapa biologi disebut sebagai ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Ni Komang Triyuni Prasetya(28) ingin menanggapi pertanyaan tersebut mengapa biologi disebut sebagai ilmu pengetahuan? Karena biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dengan objek kajian meliputi manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme.Selain itu biologi sebagai salah satu ilmu yang banyak berperan menyelesaikan permasalahan- permasalahan manusia.

      Hapus
    2. Ya... apa yang disampaikan Triyuni tepat

      Hapus
    3. Karena biologi adalah ilmu yang memiliki kajian yang meliputi bebda konkret serta dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris dan hasil kajian tersebut bersifat umum,sistematis,universal,analitis,verifikatif,dan logis.

      Hapus
    4. Saya(Ni Kadek Tari Arya Saputri)izin menjawab pertanyaan, menurut pendapat saya mengapa biologi disebut ilmu pengetahuan itu karena biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dengan objek kajian meliputi manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme.

      Hapus
  10. Nama saya I Gusti Lanang Agung Ngurah Widiarta
    Ijin bertanya pak. Ciri ciri mahluk hidup kan ada 7,kalau 1 saja tidak dimiliki apakah bisa disebut mahluk hidup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri diatas merupakan ciri dasar dari makhluk hidup, bagaimana jika salah satu tidak dimiliki masih bisa disebut makhluk hidup. jawabannya masih disebut makhluk hidup akan tetapi memiliki kelainan. Contoh peka terhadap rangsangan (iritabilitas) ketika anak dilempari dengan batu, secara normal pasti akan menghindar. Tapi karena tidak memiliki kepekaan terhadap rangsangan anak tersebut akan diam saja

      Hapus
    2. Saya Putri lestari (X MIPA 4) saya ingin mencoba menjawab pertanyaan anda😀, menurut saya makhluk hidup dikatakan makhluk hidup yg paling berperan penting yaitu Bernafas (Respirasi) jika suatu makhluk hidup tidak bernafas maka makhluk hidup itu dikatakan sudah mati, jika ada makhluk hidup yg misalnya tidak bisa berkembang biak, itu masih dibilang makhluk hidup, mungkin karena ada sesuatu (cacat)y menyebabkan si
      Makhluk hidup tidak bisa berkembang biak (tetapi masih bernafas) apabila kurang tepat, mohon maaf🙂

      Hapus
  11. Saya (Ni Kadek Tari Arya Saputri) pak yg bertanya apa hubungan karakter/kepribadian anak dengan perkembangan

    BalasHapus
  12. Nama saya I Made Juli Wirawan saya ingin betanya mengapa primata, termasuk manusia, memiliki bulu di ketiak dan kemaluan?

    BalasHapus
  13. Saya Ni Luh Sukasih X BHS 1
    Respirasi anaerob adalah respirasi yg tidak memerlukan oksigen.
    Apakah contoh dari respirasi anaerob tersebut pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Ni Luh Sri Depiani dari X MIPA 1 ingin mencoba menjawab pertanyaan dari sukasih contoh respirasi anaerob adalah fermentasi.fermentasi adalah produksi energi yang terjadi dalam sel dan tidak melibatkan kandungan oksigen/sitosol

      Hapus
    2. Saya I Gusti Agung Ayu Chandra Pertiwi (X MIPA 2) ingin menanggapi pertanyaan dari sukasih
      Contoh respirasi anaerob adalah pada proses terjadinya fermentasi karena adanya suatu mikroorganisme dalam bentuk ragi yang akan bekerja jika dalam keadaan anaerob (tidak memerlukan oksigen )

      Hapus
  14. Saya I Gusti Agung Ayu Chandra Pertiwi no absen :4 (X MIPA 2) ingin bertanya .
    Pada ciri -ciri makhluk hidup pada paragraf yang ke 8 disebutkan bahwa 'Objek atau kajian dalam biologi yang sangat luas atau beragam itu kini telah dikelompokkan atau diklasifikasikan oleh para ahli biologi menjadi 5 kingdom' pertanyaan saya 'siapa saja para ahli biologi yang mengklasifikasikan objek atau kajian dalam biologi menjadi 5 kingdom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agus febriana dari X MIPA 1, absen 13 ingin menjawab pertanyaan dari agung ayu Chandra Pertiwi
      5 ahli biologi yang mengklarifikasi kan objek kajian tersebut: Aristoteles , Robert H Whittaker



      Hapus
    2. Maksudnya alih biologi yang mengklarifikasi menjadi 5 bagian, ada 2 ahli yaitu : Aristoteles dan Robert H Whittaker

      Hapus
  15. Saya Ni Kadek Ratih Purnama Sari (X MIPA 2)
    Saya kurang mengerti, Apa yang di maksud dengan objek kajian berupa benda konkret?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Agus Febriana dari X MIPA 1, Absen 13 ingin menjawab pertanyaan Dari Ratih Purnama :
      Objek kajian biologi berupa benda-benda yang nyata (konkret). yang dimaksud dengan benda konkret adalah benda-benda yang dapat ditangkap oleh alat-alat indera manusia

      Hapus
  16. I Gusti Ngurah Esa Nandana (MIPA2)
    Saya ada beberapa pertanyaan pak
    1. Apa yang dimaksud dengan nutrisi makro dan mikro, lalu apa contohnya?
    2. Selain memiliki banyak sel, apa lagi syarat untuk bisa masuk jadi 5 kingdom itu pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya I Gusti Agung Ayu Chandra Pertiwi (X MIPA 2 ) ingin menjawab pertanyaan dari esa .
      1 .Yang dimaksud dengan nutrisi makro adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dengan jumlah yang lebih banyak , contoh: karbohidrat ,protein dan lemak
      Sedangkan nutrisi mikro adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang sedikit , contoh : vitamin dan mineral .
      2.Syarat- syarat untuk bisa masuk kingdom diantaranya :dapat berkembang biak , dan memerlukan energi untuk tumbuh atau bergerak

      Hapus