Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ruang lingkup biologi serta objek permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
Indikator Pencapaian Kompetensi
- Menjelaskan ciri-ciri biologi sebagai ilmu
- Mendata alat-alat berteknologi modern di bidang biologi
- Menyebutkan cabang-cabang biologi beserta bidang kajiannya
Materi Ajar
Objek dan Ragam Persoalan Biologi
Setelah mempelajari
kegiatan ini Anda diharapkan dapat: mendeskripsikan objek-objek dan persoalan
Biologi pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem
dan bioma.
Anda tentu telah mengetahui bahwa Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios (hidup) dan logos (ilmu). Biologi adalah cabang dari Sains (IPA) yang khusus mempelajari makhluk hidup dan gejala kehidupannya. Kajian atau bahasan dalam biologi sangatlah luas, meliputi seluruh makhluk hidup baik yang uniseluler, maupun yang multiseluler, baik yang hidup di dasart, di laut, di udara, maupun di dalam tanah. Singkatnya segala sesuatu yang memiliki “hidup” menjadi bahan kajian biologi.
Biologi sebagai salah satu ilmu banyak berperan menyelesaikan permasalah-permasalahan manusia. namun, seringkali ilmu ini tidak berperan secara langsung karena biologi sebagai ilmu dasar bagi ilmu-ilmu terapan. Sebagai contoh misalnya ilmu kedokteran, pertanian dan peternakan.
Biologi sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
1. Mempunyai objek kajian berupa benda
konkret. Objek dapat dibedakan menjadi objek material dan objek formal. Objek
material merupakan objek yang dibahas, sedangkan objek formal merupakan cara
memandang objek tersebut. Contoh objek material biologi berupa makhluk hidup
dan makhluk hidup yang pernah ada termasuk fosil. Objek formalnya berupa
struktur, fungsi, dan interaksi dari makhluk hidup tersebut.
- dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman nyata yang dapat dilakukan setiap orang.
- sistematis, yaitu menggunakan langkah-langkah yang urut dan bersifat baku.
- menggunakan cara berpikir yang logis dan konsisten.
- hasil kajiannya bersifat objektif.
- teori yang dihasilkan berlaku umum.
Apabila Anda sering
memperhatikan lingkungan sekitar, maka Anda akan menyadari bahwa bumi ini
dihuni oleh berbagai jenis makhluk hidup dan berbagai jenis benda tak hidup.
Mengapa kita bisa membedakan antara makhluk hidup dan benda tak hidup? Apakah
kita dapat menjawab secara pasti sesuatu atau objek yang kita amati termasuk
makhluk hidup atau benda tak hidup?
Ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut.
Respirasi
Iritabilitas (peka terhadap rangsang)
Bergerak
Memerlukan makanan (nutrisi)
Pertumbuhan dan Perkembangan
Ekskresi
Reproduksi
Objek atau kajian dalam biologi yang sangat luas atau beragam itu kini telah dikelompokkan atau diklasifikasikan oleh para ahli biologi menjadi 5 kingdom (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Monera). Selain kelima kingdom tersebut ada satu objek lain yang juga dikaji dalam biologi, yaitu Virus. Virus dipisahkan dari kelima kingdom karena tubuh virus tidak tersusun oleh sel melainkan oleh asam nukleat yang diselubungi protein dan belum merupakan sel. Sedangkan kelima kingdom tubuhnya sudah berupa sel (bagi organisme uniseluler) ataupun tersusun atas banyak sel (bagi organisme uniseluler).
Kelima kingdom diklasifikasikan berdasarkan karakteristik yang khas dari masing-masing organisme-organisme yang menyusunnya. Pengelompokkan ini sesuai dengan sistem klasifikasi yang dikemukakan oleh Robert H.B. Whittaker pada tahun 1969. Perhatikan Tabel 1 berikut mengenai Klasifikasi Makhluk Hidup menurut Whittaker.
| Kingdom |
Organisasi |
Cara memperoleh makanan |
Ciri-ciri lain |
Cakupan |
|---|---|---|---|---|
| Monera |
Sel tunggal sederhana, terkadang dalam untaian |
Menyerap makanan, beberapa ada yang melakukan fotosintesis |
Prokariotik, perkembangbiakannya secara aseksual, motil, dan bergerak dengan flagel |
Bakteri dan alga hijau biru (blue green algae) |
| Protista |
Sel tunggal kompleks, terkadang dalam bentuk filamen, koloni |
Menyerap makanan, beberapa da yang melakukan fotosintesis atau menyerap makanan |
Eukariotik, perkembangbiakannya secara seksual dan aseksual, mempunyai flagel dan cilia |
Protozoa, alga bersel tunggal termasuk beberapa jenis jamur lendir |
| Fungi |
Kebanyakan multiseluler dan berbentuk filamen dengan sel-sel kompleks |
Heterotorof, dengan cara menyerap makanan |
Tidak mempunyai flagel, memiliki spora yang berperan dalam perkembangbiakan seksual dan aseksual |
Kapang dan jamur |
| Plantae |
Multiseluler dengan sel-sel kompleks |
Autotrof, dengan cara melakukan fotosintesis |
Eukariotik, dengan jaringan yang berkembangbaik, terjadi pergiliran keturunan, dinding sel mengandung selulosa |
Lumut, paku-pakuan, tumbuhan berbunga/berbiji |
| Animalia |
Multiseluler dengan sel-sel kompleks |
Heterotorof, dengan cara mencerna makanan |
Eukariotik dengan jaringan yang telah berkembang baik, umumnya bergerak aktif |
Semua kelompok hewan mulai dari porifera sampai dengan mamalia |
Bahkan dalam
perkembangan terakhir, dunia makhluk hidup diklasifikasikan menjadi 6 kingdom
(kerajaan) yaitu: Plantae, Animalia, Fungi, Protista, Archaebacteria dan
Eubacteria.
Objek-objek kajian tersebut selanjutnya semakin berkembang seiring dengan kemajuan IPTEK, sehingga kajian masing-masing objek semakin kompleks atau rumit. Adapun kajian tersebut meliputi berbagai tema persoalan biologi antara lain menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), 1996 adalah sebagai berikut.
Evolusi : bentuk-bentuk dan hasil-hasil perubahan
Interaksi dan saling ketergantungan
Genetika berkelanjutan
Pemeliharaan dari suatu keseimbangan yang dinamis
Pertumbuhan, perkembangan dan diferensiasi
Energi, materi dan organiasasi
Ilmu Pengetahuan Alam, Teknologi dan Masyarakat
Cabang-cabang Biologi
Biologi terus mengalami perkembangan melalui pengamatan dan eksperimen. Dari hasil pengamatan yang teliti dan pelaksanaan eksperimen yang semakin mendalam telah diperoleh ratusan penemuan tentang biologi. Penemuan-penemuan tentang biologi tersebut menyebabkan semakin banyaknya objek yang dipelajari dari biologi sehingga seorang ilmuwan tidak sanggup lagi mempelajari secara mendalam seluruh biologi sebagai satu objek studi untuk dikuasai. Beberapa cabang-cabang biologi dan bidang kajiannya dapat dilihat pada Tabel 1.2 dibawah ini
| No |
Cabang Biologi |
Bidang Kajian |
|---|---|---|
| 1 |
Akarologi |
Seluk-beluk hewan caplak |
| 2 |
Anatomi |
Susunan bagian dalam tubuh makhluk hidup |
| 3 |
Bakteriologi |
Seluk-beluk bakteri |
| 4 |
Bioteknologi |
Gabungan biologi dengan teknologi, yaitu penggunaan proses biologi untuk penyediaan bahan-bahan dan jasa bagi manusia |
| 5 |
Botani |
Tumbuhan dengan segala kekhususannya |
| 6 |
Ekologi |
Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya |
| 7 |
Embriologi |
Perkembangan makhluk hidup (embrio), mulai dari zigot sampai menjadi dewasa |
| 8 |
Endokrinologi |
Sistem hormon tubuh |
| 9 |
Entomologi |
Khusus mempelajari semua segi kehidupan hewan serangga |
| 10 |
Evolusi |
Perubahan makhluk hidup yang berjalan sangat lambat dan dalam waktu yang cukup lama sehingga terbentuk spesies baru |
| 11 |
Fisiologi |
Tentang kefaalan tubuh atau segala proses kegiatan yang ada dalam tubuh |
| 12 |
Genetika |
Proses penurunan sifat menurun pada makhluk hidup atau hereditas |
| 13 |
Histologi |
Tentang jaringan tubuh makhluk hidup |
| 14 |
Helminthologi |
Seluk-beluk cacing (fermes) |
| 15 |
Herpetologi |
Seluk-beluk amfibi dan reptil |
| 16 |
Ichtyologi |
Seluk-beluk ikan |
| 17 |
Mikologi |
Seluk-beluk jamur (fungi) |
| 18 |
Mikrobiologi |
Tentang jasad renik atau makhluk hidup berukuran kecil (mikroorganisme) |
| 19 |
Morfologi |
Bentuk dan susunan keseluruhan tubuh bagian luar makhluk hidup |
| 20 |
Malakologi |
Seluk-beluk hewan-hewan lunak (siput) |
| 21 |
Ornitologi |
Seluk-beluk burung (aves) |
| 22 |
Parasitologi |
Tentang makhluk hidup yang bersifat parasit |
| 23 |
Palaeontologi |
Tentang fosil (kehidupan masa lampau) hewan dan tumbuhan |
| 24 |
Sitologi |
Tentang fungsi dan susunan sel |
| 25 |
Taksonomi |
Tentang penamaan, perincian, dan pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan sifat-sifatnya |
| 26 |
Teratologi |
Tentang kemungkinan kelainan atau cacat janin dalam kandungan |
| 27 |
Virologi |
Seluk-beluk virus |
| 28 |
Zoologi |
Tentang hewan |







Nama saya ni kadek ayu utari
BalasHapusSaya ingin bertanya apa hubungan cabang cabang biologi dengan pengembangan karir di masa depan?
cabang-cabang Biologi memiliki hubungan yang sangat erat untuk pengembangan karir di masa depan. Contoh jika ingin masuk kedokteran yang dipelajari antara lain fisiologi, anatomi, bioteknologi. jika ingin jadi polisi cabang yang bisa dipelajari adalah gizi dan kesehatan
HapusCabang cabang biologi dengan pengembangan karir di masa depan sangatlah berkaitan.keterkaitan ilmu biologi dengan karir yaitu biologi dengan berbagai cabang ilmunya sangatlah dapat memberi banyak peluang pekerjaan atau karir yang berguna bagi masyarakat luas.contohnya bila kita mempelajari secara mendalam tentang ilmu obat obatan(farmaforlogi)maka dapat dikembangkan menjadi karir atau pekerjaan di masa depan sebagai apoteker
HapusSaya Agus Febriana Dari X MIPA 1 ingin menjawab :
HapusDengan cara mempelajari cabang biologi, maka kita dapat mengembangkannya sebagai karir di masa depan contohnya :bila kita mempelajari secara mendalam tentang ilmu obat-obatan (farmaforlogi) maka dapat dikembangkan menjadi karir di masa depan yaitu sebagai apoteker
Sebenarnya cabang-cabang biologi secara lengkap dan keseluruhan berjumlah berapa? Atau jenis-jenisnya ada berapa??
BalasHapusCabang-cabang biologi akan selalu berkembang sesuai dengan hasil2 temuan para peneliti
HapusSaya kurang mengerti pada ciri" makhluk hidup yang no.5.(di contohnya itu),Apa hubungan karakter/kepribadian anak dengan perkembangan?
BalasHapusPertumbuhan adalah pertambahan jumlah sel dengan ciri bertambah tinggi, bertambah berat badan, dll. Perkembangan merupakan proses pematangan/pendewasaan. Perkembangan karakter/kepribadian merupakan salah satu proses perkembangan/tahap pendewasaan. Misalnya pada perkembangan seharusnya sudah dapat membedakan baik dan buruk, tapi karena ada permasalahan proses perkembangan maka anak tersebut belum bisa membedakan baik dan buruk
HapusPak untuk materi bagian ciri-ciri mahluk hidup pada NUTRISI berisikan penjelasan pada bagian penjelasannya nutrisi mikro dan nutrisi makro yang dimaksud bagaimana pak?, saya kurang mengerti.
BalasHapusNutrisi makro adalah zat kimia yang diperlukan dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjalankan fungsi tubuh yang normal. Makronutrien atau zat gizi makro, berperan besar dalam membentuk energi tubuh dan seluruh proses metabolisme. Zat gizi makro menjadi bahan dasar yang dijadikan tubuh untuk menghasilkan energi. Energi ini, akan digunakan untuk melakukan kegiatan di luar tubuh, maupun proses biologi tubuh yang memerlukan energi.
HapusUntuk nutrisi makro tersebut apkah hanya berlaku dalam mahluk hidup seperti manusia saja pak?
Hapuskebutuhan nutrisi tersebut berlaku untuk makhluk hidup
HapusNama saya I GUSTI AYU PUJA ASTYANI yang bertanya tentang maksud dari nutrisi mikro dan nutrisi makro
BalasHapussaya KOMANG ADILA YOHANA DEVI(18) ingn menanggapi pertanyaan dari PUJA, nutrisi mikro adalah nutrsi yang diperlukan dalam jumlah kecil oleh tubuh manusia, contohnya seperti zat besi, magnesium, garam, vitamin, dll. Kalau nutrisi makro itu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak oleh mahkluk hidup, contohnya karbohidrat, lemak, dan protein.
HapusTepat untuk Adila
HapusPak saya mau bertanya apakah ilmu biologi harus memiliki objek kajian???
BalasHapusDan apakah manfaat kita dalam mempelajari ilmu biologi?
Ciri dari suatu ilmu pengetahuan adalah adanya objek kajian. Objek kajian merupakan materi/objek yang dipelajari. Khusus untuk biologi objek kajiannya adalah amkhluk hidup. Manfaat mempelajari biologi adalah meningkatkan kesejahteraan manusia antaralain bidang kedokteran, industri, pertanian, peternakan
HapusBaik pak terimakasih atas penjelasannya
HapusNama saya I Gusti Agung Ayu Dixita Paramita Sastra, saya ingin bertanya.
BalasHapusPak untuk bagian ciri-ciri makhluk hidup itu apa ada ciri-ciri yang lainnya?
Saya ingin mencoba menjawab pertanyaan anda, mungkin salah satu ciri ciri makhluk hidup lainnya yaitu melakukan adaptasi, Adaptasi sendiri merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya agar bisa bertahan hidup pada habitatnya sendiri. Contohnya cecak yg memutuskan ekornya saat dalam bahaya untuk mengelabuhi musuh. Sekian dari saya, apabila jawabannya kurang tepat, saya mohon maaf, terimakasih
HapusYg jawab itu:
HapusPutri lestari (X MIPA 4)
Ya tepat Putri... mungkin ada yang mau menambahkan ciri makhluk hidup yang lain
HapusPak mengapa biologi disebut sebagai ilmu pengetahuan?
BalasHapusbaca kembali ciri-ciri ilmu pengetahuan pada materi. karena memiliki ciri2 tersebut biologi termasuk kedalam ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dikelompokkan menjadi ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial
HapusPak mengapa biologi disebut sebagai ilmu pengetahuan?
BalasHapusSaya Ni Komang Triyuni Prasetya(28) ingin menanggapi pertanyaan tersebut mengapa biologi disebut sebagai ilmu pengetahuan? Karena biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dengan objek kajian meliputi manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme.Selain itu biologi sebagai salah satu ilmu yang banyak berperan menyelesaikan permasalahan- permasalahan manusia.
HapusYa... apa yang disampaikan Triyuni tepat
HapusKarena biologi adalah ilmu yang memiliki kajian yang meliputi bebda konkret serta dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris dan hasil kajian tersebut bersifat umum,sistematis,universal,analitis,verifikatif,dan logis.
HapusSaya(Ni Kadek Tari Arya Saputri)izin menjawab pertanyaan, menurut pendapat saya mengapa biologi disebut ilmu pengetahuan itu karena biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dengan objek kajian meliputi manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme.
HapusNama saya I Gusti Lanang Agung Ngurah Widiarta
BalasHapusIjin bertanya pak. Ciri ciri mahluk hidup kan ada 7,kalau 1 saja tidak dimiliki apakah bisa disebut mahluk hidup?
Ciri diatas merupakan ciri dasar dari makhluk hidup, bagaimana jika salah satu tidak dimiliki masih bisa disebut makhluk hidup. jawabannya masih disebut makhluk hidup akan tetapi memiliki kelainan. Contoh peka terhadap rangsangan (iritabilitas) ketika anak dilempari dengan batu, secara normal pasti akan menghindar. Tapi karena tidak memiliki kepekaan terhadap rangsangan anak tersebut akan diam saja
HapusSaya Putri lestari (X MIPA 4) saya ingin mencoba menjawab pertanyaan anda😀, menurut saya makhluk hidup dikatakan makhluk hidup yg paling berperan penting yaitu Bernafas (Respirasi) jika suatu makhluk hidup tidak bernafas maka makhluk hidup itu dikatakan sudah mati, jika ada makhluk hidup yg misalnya tidak bisa berkembang biak, itu masih dibilang makhluk hidup, mungkin karena ada sesuatu (cacat)y menyebabkan si
HapusMakhluk hidup tidak bisa berkembang biak (tetapi masih bernafas) apabila kurang tepat, mohon maaf🙂
Saya (Ni Kadek Tari Arya Saputri) pak yg bertanya apa hubungan karakter/kepribadian anak dengan perkembangan
BalasHapusNama saya I Made Juli Wirawan saya ingin betanya mengapa primata, termasuk manusia, memiliki bulu di ketiak dan kemaluan?
BalasHapusSaya Ni Luh Sukasih X BHS 1
BalasHapusRespirasi anaerob adalah respirasi yg tidak memerlukan oksigen.
Apakah contoh dari respirasi anaerob tersebut pak?
Saya Ni Luh Sri Depiani dari X MIPA 1 ingin mencoba menjawab pertanyaan dari sukasih contoh respirasi anaerob adalah fermentasi.fermentasi adalah produksi energi yang terjadi dalam sel dan tidak melibatkan kandungan oksigen/sitosol
HapusSaya I Gusti Agung Ayu Chandra Pertiwi (X MIPA 2) ingin menanggapi pertanyaan dari sukasih
HapusContoh respirasi anaerob adalah pada proses terjadinya fermentasi karena adanya suatu mikroorganisme dalam bentuk ragi yang akan bekerja jika dalam keadaan anaerob (tidak memerlukan oksigen )
Saya I Gusti Agung Ayu Chandra Pertiwi no absen :4 (X MIPA 2) ingin bertanya .
BalasHapusPada ciri -ciri makhluk hidup pada paragraf yang ke 8 disebutkan bahwa 'Objek atau kajian dalam biologi yang sangat luas atau beragam itu kini telah dikelompokkan atau diklasifikasikan oleh para ahli biologi menjadi 5 kingdom' pertanyaan saya 'siapa saja para ahli biologi yang mengklasifikasikan objek atau kajian dalam biologi menjadi 5 kingdom?
Saya agus febriana dari X MIPA 1, absen 13 ingin menjawab pertanyaan dari agung ayu Chandra Pertiwi
Hapus5 ahli biologi yang mengklarifikasi kan objek kajian tersebut: Aristoteles , Robert H Whittaker
Maksudnya alih biologi yang mengklarifikasi menjadi 5 bagian, ada 2 ahli yaitu : Aristoteles dan Robert H Whittaker
HapusSaya Ni Kadek Ratih Purnama Sari (X MIPA 2)
BalasHapusSaya kurang mengerti, Apa yang di maksud dengan objek kajian berupa benda konkret?
Saya Agus Febriana dari X MIPA 1, Absen 13 ingin menjawab pertanyaan Dari Ratih Purnama :
HapusObjek kajian biologi berupa benda-benda yang nyata (konkret). yang dimaksud dengan benda konkret adalah benda-benda yang dapat ditangkap oleh alat-alat indera manusia
Pas
HapusI Gusti Ngurah Esa Nandana (MIPA2)
BalasHapusSaya ada beberapa pertanyaan pak
1. Apa yang dimaksud dengan nutrisi makro dan mikro, lalu apa contohnya?
2. Selain memiliki banyak sel, apa lagi syarat untuk bisa masuk jadi 5 kingdom itu pak?
Saya I Gusti Agung Ayu Chandra Pertiwi (X MIPA 2 ) ingin menjawab pertanyaan dari esa .
Hapus1 .Yang dimaksud dengan nutrisi makro adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dengan jumlah yang lebih banyak , contoh: karbohidrat ,protein dan lemak
Sedangkan nutrisi mikro adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia dalam jumlah yang sedikit , contoh : vitamin dan mineral .
2.Syarat- syarat untuk bisa masuk kingdom diantaranya :dapat berkembang biak , dan memerlukan energi untuk tumbuh atau bergerak